BBPOM di Pekanbaru Lakukan Penyuluhan Pedagang Pasar dalam Rangka Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas kepada Pedagang Pasar Baru Pangkalan Kerinci Kabupten Pelalawan

16-06-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 46 kali

Pangkalan Kerinci - Balai Besar POM di Pekanbaru memberikan penyuluhan kepada pedagang Pasar Baru Pangkalan Kerinci bersama Fasilitator Pasar Dinas Koperasi UMK  Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pelalawan dan Pengelola Pasar yang telah dilatih melakukan Sosialisasi Aksi Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Pemberdayaan Komunitas Pasar khususnya pedagang pasar, pada hari Kamis (13/6/2024) di Grand Hotel Pangkalan Kerinci dan Pasar Baru Pangkalan Kerinci. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, pemberdayaan, dan kemandirian pedagang pasar tentang keamanan pangan dan ikut serta dalam mengawasi bahan berbahaya yang disalahgunakan pada pangan serta meningkatkan partisipasi pengelola pasar dan pedagang pasar dalam menerapkan Cara Peredaran Pangan Olahan yang Baik di Pasar Baru Pangkalan Kerinci.

Kegiatan ini diikuti oleh 31 orang pedagang yang menjual pangan olahan terkemas, bahan tambahan pangan, pangan segar, dan pangan siap saji di Pasar Baru Pangkalan Kerinci. Perseta mengikuti penyuluhan dengan baik dan dapat memahami bahwa mewujudkan pasar pangan yang aman dari bahan berbahaya adalah tanggung jawab bersama. 

Bersamaan dengan kegiatan ini untuk pemberdayaan komunitas pasar maka pengelola pasar, petugas ataupun anggota paguyuban pasar yang telah mengikuti Bimtek Pengelola Pasar membagikan leaflet/melakukan dialog dengan cara berkeliling di sepanjang area Pasar Baru Pangkalan Kerinci agar dapat memberikan informasi dan edukasi terkait keamanan pangan secara  langsung kepada sejumlah pedagang dan anggota atau rekan mereka di paguyuban. 

Menurut Ketua Tim Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan BBPOM di Pekanbaru, Yudha Agus Pranata Barutu, "Untuk dapat mewujudkan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di Pasar Baru Pangkalan Kerinci dibutuhkan kerjasama yang baik antara semua pihak termasuk komunitas pasar yaitu pedagang pasar. Oleh karena itu ayo kita saling membahu untuk menghentikan peredaran bahan berbahaya di pasar."

Tercetaknya pedagang pasar yang berdaya di Pasar Baru Pangkalan Kerinci melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menghilangkan peredaran bahan berbahaya di pasar sehingga, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dapat terwujud.

Sarana