BBPOM di Pekanbaru Lakukan Bimtek Refreshment dan Pengawalan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di PasarTerubuk Kabupten Bengkalis

13-06-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 88 kali

Bengkalis - Balai Besar POM di Pekanbaru bersama Fasilitator Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis yang telah dilatih melaksanakan Kegiatan Sampling dan Pengujian Sampel dalam rangka Pengawalan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di Pasar Terubuk Kabupaten Bengkalis  pada hari Senin (10/6/2024).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan petugas pengelola pasar agar dapat melakukan pengawasan terhadap  bahan berbahaya, bahan pangan, maupun produk pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya di pasar yang dikelolanya melalui pengambilan contoh dan pengujian cepat menggunakan test kit kimia dan mikrobiologi. Sampling dan pengujian dilakukan terhadap sampel pangan segar maupun pangan olahan yang ada di pasar. 

 Dilakukan pengujian sampel  menggunakan test kit kimia yaitu Boraks, Formalin, Rhodamin B dan Metanil Yellow,  serta pengujian sampel  menggunakan test kit mikrobiologi yaitu E-Coli dan Salmonella.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan Fasilitator Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis yang telah dilatih terus berkomitmen dan berperan aktif untuk mewujudkan serta melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar yang dikelolanya secara berkelanjutan.

Sarana